+17 Doa Mengganti Puasa Ramadhan Ulasan

By | Februari 12, 2023
Niat Puasa Sunnah Ganti Ramadhan
Niat Puasa Sunnah Ganti Ramadhan from niatpuasa.netlify.app

Keywords: doa mengganti puasa ramadhan, pengganti puasa ramadhan, puasa ramadhan, niat puasa, hukum mengganti puasa ramadhan, cara mengganti puasa ramadhan, keutamaan mengganti puasa ramadhan, faedah mengganti puasa ramadhan, tata cara mengganti puasa ramadhan, niat mengganti puasa ramadhan.

Doa Mengganti Puasa Ramadhan

Puasa Ramadhan yang Tertinggal

Puasa Ramadhan adalah salah satu kewajiban bagi umat muslim. Namun, terkadang ada beberapa kondisi yang membuat seseorang tidak bisa berpuasa selama satu bulan penuh. Misalnya, karena sedang sakit atau sedang dalam masa menyusui anak. Apabila seseorang tidak bisa berpuasa selama Ramadhan, maka ia harus mengganti puasa tersebut di luar bulan Ramadhan. Lalu, bagaimana cara mengganti puasa Ramadhan dan apa doa yang harus dibaca?

Hukum Mengganti Puasa Ramadhan

Mengganti puasa Ramadhan adalah kewajiban bagi orang yang tidak bisa berpuasa selama satu bulan penuh karena suatu hal. Hal ini didasarkan pada hadits dari Abu Hurairah yang menjelaskan bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa sakit atau sedang dalam perjalanan, maka hendaklah ia mengganti (puasanya) pada hari yang lain.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Keutamaan Mengganti Puasa Ramadhan

Mengganti puasa Ramadhan memiliki keutamaan yang sama dengan puasa Ramadhan yang dilakukan pada bulan Ramadhan. Hal ini didasarkan pada hadits dari Abu Hurairah yang menjelaskan bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa berpuasa satu hari di jalan Allah, maka Allah akan menjauhkannya dari neraka sejauh satu tahun perjalanan.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Faedah Mengganti Puasa Ramadhan

Selain mendapatkan keutamaan yang sama dengan puasa Ramadhan, mengganti puasa Ramadhan juga memiliki faedah lain. Dengan mengganti puasa Ramadhan, seseorang dapat membersihkan dirinya dari dosa-dosa yang telah dilakukannya sebelumnya. Selain itu, mengganti puasa Ramadhan juga dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan seseorang.

Tata Cara Mengganti Puasa Ramadhan

Tata cara mengganti puasa Ramadhan hampir sama dengan tata cara puasa Ramadhan pada umumnya. Yang membedakan adalah waktu pelaksanaannya. Puasa Ramadhan yang tertinggal dapat diganti kapan saja selama setahun setelah bulan Ramadhan berakhir. Berikut ini adalah tata cara mengganti puasa Ramadhan: 1. Niatkan puasa dengan niat mengganti puasa Ramadhan yang tertinggal. 2. Puasa sepanjang hari mulai dari terbit fajar hingga matahari terbenam. 3. Makan sahur sebelum terbit fajar. 4. Berbuka puasa setelah matahari terbenam. 5. Baca doa ketika berbuka dan sahur.

Niat Mengganti Puasa Ramadhan

Berikut ini adalah doa niat mengganti puasa Ramadhan yang dapat dibaca sebelum memulai puasa: أَشْهَدُ أَنَّ اللهَ رَبِّيْ صَوْمًا لِّظَهِيرِ رَمَضَانَ مِنَ الْوَاجِبَاتِ، فَقَدَ رَضِيَتُ بِهِ وَتَرَكْتُ الْإِفْطَارَ مُنَافَقًا لِوَجْهِ اللهِ تَعَالَى Artinya: “Aku berniat puasa mengganti puasa Ramadhan yang tertinggal karena kewajiban. Aku ridha dengan puasa ini dan aku meninggalkan makan sahur karena Allah SWT.”

Penutup

Mengganti puasa Ramadhan adalah kewajiban bagi orang yang tidak bisa berpuasa selama satu bulan penuh karena suatu hal. Dengan mengganti puasa Ramadhan, seseorang dapat membersihkan dirinya dari dosa-dosa yang telah dilakukannya sebelumnya dan meningkatkan keimanan dan ketaqwaannya. Selain itu, mengganti puasa Ramadhan juga memiliki keutamaan yang sama dengan puasa Ramadhan yang dilakukan pada bulan Ramadhan. Oleh karena itu, mari kita laksanakan kewajiban kita dengan sebaik-baiknya dan selalu berdoa kepada Allah SWT agar diberi kemudahan dalam menjalankannya.